Implementasi Sistem Informasi Manajemen Klinik di Klinik BekamPKU
Keywords:
Sistem Informasi Manajemen Klinik, Klinik BekamPKU, PHP, MySQL, Pengabdian MasyarakatAbstract
Melalui program pengabdian masyarakat ini, tim pelaksana bertujuan untuk mengimplementasikan sistem informasi manajemen klinik berbasis website menggunakan PHP dan MySQL yang dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional di Klinik BekamPKU. Metode yang digunakan adalah desain penelitian tindakan pengabdian masyarakat dengan langkah analisis kebutuhan klinik, perancangan sistem, pengembangan dan implementasi sistem, pelatihan pengguna, evaluasi dan penyempurnaan sistem. Hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem berhasil meningkatkan kecepatan pelayanan, mengurangi kesalahan pencatatan data, dan mempercepat proses pengelolaan keuangan klinik. Sistem ini juga mempermudah tenaga medis dalam mengakses data pasien secara real-time, yang mendukung keputusan medis yang lebih tepat. Meskipun demikian, tantangan terkait infrastruktur teknologi dan adaptasi staf terhadap sistem baru masih ditemukan. Berdasarkan evaluasi, rekomendasi yang diberikan adalah untuk meningkatkan konektivitas internet, melakukan pelatihan berkelanjutan bagi staf, dan mengembangkan fitur aplikasi mobile untuk pasien agar sistem semakin optimal dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Dengan adanya sistem ini, diharapkan klinik dapat mengelola data pasien secara lebih sistematis, mempercepat proses pelayanan, serta meningkatkan kepuasan pasien terhadap layanan yang diberikan.
References
Abdillah, B. D. (n.d.). Peran Teknologi Informasi dalam Transparansi dan Akuntabilitas Pemerintahan. 1–7.
Amalia, R., & Huda, N. (2020). Implementasi Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Pada Klinik Smart Medica. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 9(3), 332–338. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v9i3.884
Febriani, M. H. D. (2024). Analisis Kecepatan Pengiriman, Akurasi Pelacakan dan KualitasPelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. 1(4), 1–8.
Handayani, V. R., Suripah, S., & Putri, A. I. R. (2020). Sistem Informasi Administrasi Pasien Rawat Jalan Berbasis Website Pada Klinik Pratama Menara Gading Wangon. EVOLUSI: Jurnal Sains dan Manajemen, 8(1). https://doi.org/10.31294/evolusi.v8i1.7553
Irawan, B., Kurnia, R. A., Sitanggang, E. D., & Achmady, S. (2020). Analisis tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan rumah sakit berdasarkan metode service quality (servqual). Jurnal keperawatan dan fisioterapi (JKF), 3(1), 58–64. https://doi.org/10.35451/jkf.v3i1.522
Mahyadi Mahyadi. (2023). Sistem Informasi Manajemen Terhadap Kinerja Organisasi (A Literatur Review). Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen, 2(2), 301–311. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v2i2.863
Sapriani Harahap, R., Deswita Mrp, A., Amanda Azwa, N., Fanny Amanda Natasya, D., Adnin Purba, F., & Hajijah Purba, S. (2025). Implementasi Sistem Informasi Rekam Medis Elektronik Untuk Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Didaerah Terpencil. HEALTH CARE: JURNAL KESEHATAN, 13(2), 316–322. https://doi.org/10.36763/healthcare.v13i2.517
Setiowati, D., & Dewi, S. M. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Pencarian Pengobatan Bekam Di Klinik Bekam Assabil Holy Holistic Jakarta. Indonesian Journal of Nursing Health Science, 8(1), 22–29. https://doi.org/10.47007/ijnhs.v8i1.3024
Taopik, H. (2023). Sistem Informasi Pelayanan Pendaftaran Dan Rekam Medis Di Klinik Charina Medistra Berbasis Web. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 11(3s1), 1234–1242. https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3s1.3589
Ulfah, A., Yunengsih, Y., Rivatunisa, C., Arif Setyawan, A., Sari, I., & Ayu Nuraeni, Y. (2023). Penerapan dan Pelatihan Sistem Informasi Pendaftaran Pasien di Klinik Prima Husada Bandung. PADMA, 3(2), 137–147. https://doi.org/10.56689/padma.v3i2.1156
Wahyuni, T., Tutik Sri Hariyati, R., Magister Keperawatan Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, M., Ilmu Keperawatan, F., Indonesia, U., Dasar Keperawatan, D., & Dasar, K. (2024). Sistem Pendokumentasian Elektronik (Simrs) Dalam Upaya Peningkatan Mutu Dan Keselamatan Pasien: a Literature Review Electronic Documentation System (Simrs) for Quality Improvement and Patient Safety: a Literature Review. Cendekia Medika: Jurnal STIKES Al-Ma’arif Baturaja, 9(1), 88–95.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Global Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.